Minggu, 22 Maret 2015

[Review Maret] FRIENDS DON'T KISS

Judul: Friends Don't Kiss
Penulis: Syafrina Siregar
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit: 2014 (Cetakan I)
Tebal: 208 hlm
ISBN: 978-602-03-1078-7
Bagi Mia Ramsy, menyusui adalah salah satu ekspresi cinta terbesar seorang ibu bagi anaknya. 
Tapi bagi Ryan Subagyo, setiap mendengar kata “menyusui”, yang muncul di benaknya hanyalah bayangan payudara wanita. Namun, kegigihan Mia memperjuangkan hak setiap bayi untuk mendapatkan ASI eksklusif lewat Indonesia Braestfeeding Mothers--organisasi nirlaba tempat gadis itu mengabdi--justru semakin membuat Ryan jatuh cinta padanya. 
Ryan semakin yakin Mia berbeda dari gadis-gadis yang selama ini ia temui. Kekayaan, kesuksesan, dan ketampanannya memang membuat Ryan dikejar banyak gadis, tetapi belum ada yang mampu menggetarkan hatinya. 
Hanya Mia yang mampu membuat Ryan untuk pertama kalinya memikirkan pernikahan.
Namun, apakah lamaran Ryan akan diterima jika gadis itu mengetahui siapa Ryan Subagyo sebenarnya?
 
*
Kesan pertama yang timbul di benak saya saat membaca halaman awal buku ini adalah: apa saya tidak terlalu di bawah umur untuk membaca buku seperti ini? 
 
Friends Don't Kiss buat saya adalah novel tipe-tipe 'cerita wattpad'. Tokoh utamanya seorang wanita mungil yang mengabdi pada sebuah organisasi yang memperjuangkan hak bayi untuk mendapatkan ASI bernama Mia Ramsy. Pertemuan Mia dengan si tokoh utama pria--Ryan Subagyo--buat saya cukup unik. Kebiasaan ceroboh malah mempertemukannya dengan sang jodoh. Satu kata: keren. 
Lantas berlanjut dengan dating antara Mia dan Ryan yang membuat mereka semakin dekat. Meski sejak mereka saling mengenal, Mia tidak tahu apa pekerjaan pria itu. Seorang tukang sulap kah?
 
Ryan Subagyo seorang pengusaha sukses pemilik Prima Gold--pabrik susu formula--yang setiap tahunnya harus menaikkan laba sesuai dengan target perusahaan. Sejak pertemuan pertamanya dengan Mia, Ryan langsung tertarik pada gadis itu. Sampai ketika ia tahu bahwa Mia adalah seorang konselor laktasi sekaligus bagian dari IBM--tentu bertolak belakang dengan pekerjaannya. Kegigihan Mia sebagai salah satu anggota IBM malah membuat Ryan semakin tertarik padanya. Ryan mencari tahu tentang gadis itu. Dan menyadari... bahwa dia jatuh cinta pada Mia. Pada seorang gadis yang beberapa kali--bersama teman-teman IBM-nya--melakukan demonstrasi atas pelanggaran yang dilakukan oleh Prima Gold. Yang pada akhirnya, saat Mia tahu siapa dirinya yang sebenarnya, Ryan mengorbankan apa yang dia miliki, demi Mia. Supaya tak ada lagi konflik kepentingan di antara mereka. 
 
"Kamu sudah menghidupkan setiap kepekaan primitif dalam diriku. Sesuatu yang bahkan aku sendiri tidak bisa mengontrolnya." (hal. 88)

"Kamu baru saja berhasil membuatku merasa bodoh dan konyol. Dan itu benar-benar menyinggung egoku sebagai pria, tahu?" (hal. 112) 
 
"Kamu adalah Prima Gold, aku seorang konselor laktasi. Terlalu banyak konflik kepentingan."
"My goodness, you've got to be kidding."
"Kamu kira bagaimana perasaanku kalau kita menjalin hubungan?"
"How the hell i know, Mia? Aku mencintaimu. Aku yakin kamu pun mencintai aku. Apalagi yang lebih penting?" (hal. 183)
 
"Mia, aku datang malam ini hanya sebagai Ryan. Hanya Ryan. Tanpa embel-embel Prima Gold. Aku datang dengan niat tulus, ingin memintamu menikah denganku. Katakan kamu bersedia, Mia." (hal. 190)
 
"Aku hanya ingin kamu berbagi kepedulian yang sama denganku. Berbagi semangat dan dukungan supaya semakin banyak ibu-ibu yang menyusui bayinya. Hanya itu yang aku minta." (hal. 193)
 
Buku ini lumayan menambah ilmu pengetahuan, terutama untuk para perempuan. Di sini diulas secara jelas bagaimana pentingnya ASI Eksklusif untuk seorang bayi dan perbedaan antara susu formula dengan ASI. Pun fakta bahwa menyusui dapat mempererat hubungan antara ibu dan bayinya. 
 
"ASI itu makanan yang bergizi juga berkalori tinggi, juga mudah dicerna. Kandungan yang terdapat dalam ASI membantu penyerapan nutrisi, membantu perkembangan dan pertumbuhan, juga mengandung sel-sel darah putih, anti-bodi, anti-peradangan, dan zat-zat biologi aktif yang penting bagi tubuh bayi dan melindunginya dari berbagai penyakit. Semua itu nggak terdapat dalam susu formula." (hal. 39)
 
"Setelah itu aku jadi mengerti bahwa menyusui bukan sekadar menyusui. Menyusui bisa menjadi suatu hal yang sangat indah. Seperti ikatan yang sangat istimewa antara ibu dan bayi. Sesuatu yang tidak akan bisa tergantikan." (hal. 126) 
 
 Cover buku yang sederhana dengan tanda kecup di bagian tengah bawah terbilang cukup menarik. Sejujurnya saya belum mengerti kenapa isi gambar kecup? Menurut saya pribadi, saya artikan itu sebagai awal hubungan Ryan dan Mia. Saat Mia menganggap mereka hanya sekadar teman, tetapi...
 
  "In case you forgot, Mia, friends don't kiss."
 
Buat yang bosan dengan cerita-cerita romance remaja, novel ini sangat saya sarankan. Selain cara penulisan Mbak Nana yang enak-banget-dibaca, juga alurnya yang pas banget. Lumayan bikin geregetan juga bacanya. Serius, ala-ala cerita young-adult di wattpad. :)) 
*
 
-Diikutkan dalam #ReviewMaret @momo_DM @danissyamra @ridoarbain di sini-
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar